4 Cara Aman Mengirim Paket Makanan ke Luar Negeri

  • Whatsapp

Dewasa ini, jasa ekspedisi merupakan inovasi pengiriman barang yang lebih mudah antar daerah. Tidak hanya pengiriman yang menjangkau daerah lokal saja, Anda bisa mengirim paket ke luar negeri lebih efektif dan murah. Jasa kirim barang ke Malaysia bisa menjadi solusi untuk Anda yang berniat mengirim makanan ke saudara atau teman WNI di sana.

Read More

Cara aman mengirim paket makanan

Jika Anda berniat mengirim paket makanan kilat ke satu lokasi yang sama, sah-sah saja. Beberapa jenis makanan memang dilarang dikirim sehingga Anda perlu tahu larangan mengirim paket makanan basah, buah dan sejenisnya agar tidak terkena masalah denda atau sanksi hukum. Yuk, simak tips aman mengirim paket makanan ke luar negeri!

1. Kenali jenis makanan yang bisa dikirim ke luar negeri

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilah jenis makanan yang bisa dikirim lebih dulu. Anda harus tahu mengenai lisensi produk makanan benar-benar aman alias memiliki kemasan dari produsen. Selain masih segel terkemas dengan baik, produk makanan wajib terdaftar BPOM RI yang aman dikonsumsi.

2. Perhatikan komposisi makanan dan masa berlaku

Saat Anda berencana bisnis makanan sebagai reseller atau kirim barang ke Malaysia pada keluarga dan teman, sebaiknya cek komposisi makanan yang tercantum secara keseluruhan. Makanan yang aman dan halal harus memiliki masa konsumsi yang berlaku maksimal 6 bulan sejak pengiriman. Anda harus tahu bahwa makanan yang memiliki masa berlaku kurang dari setengah tahun bisa mengalami risiko rusak selama pengiriman atau terkendala dan tertahan di bea cukai negara tujuan.

3. Ketahui cara pengiriman makanan yang aman

Ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan agar makanan bisa lolos pengiriman antara lain menuliskan nama makanan, nilai per item, label merek, dan memenuhi aturan terkait pengiriman makanan. Jika ada peraturan tertentu di bagian bea impor, pengirim harus memberitahukan kepada penerima terkait kemungkinan membayar biaya impor makanan tersebut.

4. Ketahui produk yang tidak boleh dikirim ke luar negeri

Khusus Anda yang berencana mengirimkan paket makanan ke Malaysia, wajib tahu produk makanan yang tidak boleh dikirim ke sana. Dari Indonesia, daftar buah seperti rambutan, buah kakao, lengkeng, dan beberapa jenis lain tidak bisa dikirim lewat paket pengiriman. Setidaknya Anda bisa meminimalisir risiko paket ditolak karena tidak memenuhi prosedur yang berlaku.

Dari beberapa cara mengirim paket makanan ke luar negeri di atas, Anda bisa mempertimbangkan jenis makanan yang bisa dikirim ke sana. Jika memang berniat menjadi eksportir yang mengirimkan barang ke luar negeri, pastikan Anda memenuhi prosedur pendaftaran ekspor ke luar negeri. Gunakan jasa kirim barang ke Malaysia yang siap menjamin paket Anda lebih cepat sampai ke tangan penerima tanpa risiko rusak, ya!

 

Sumber

https://gescargo.co.id/jasa-pengiriman-barang/makanan-yang-bisa-di-kirim-ke-luar-negeri/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *