Gaya HidupKesehatanReview

6 Aturan Naik Kereta Api Selama Masa Pandemi

6-aturan-naik-kereta-api-selama-masa-pandemi

Pemerintah Indonesia memang telah menerapkan aturan new normal guna memberikan tatanan kehidupan baru di tengah pandemi corona. Aktivitas di luar ruangan tidak dibatasi namun harus memperhatikan aturan kesehatan yang berlaku. Protokol kesehatan wajib dipatuhi selama masa new normal agar terhindar dari risiko penularan virus corona. Buat Anda yang berencana bepergian jarak jauh, bisa membeli tiket kereta api secara online saja.

Naik Kereta Api Selama Masa Pandemi

Namun, Anda harus tetap mematuhi aturan naik kereta api selama masa new normal. Yuk, simak aturan naik kereta api pada masa pandemi berikut!

1. Wajib memakai masker

Masker merupakan alat perlindungan diri yang paling vital sehingga tidak boleh terlewatkan. Saat Anda keluar rumah atau bepergian menggunakan transportasi publik, pastikan memakai masker. Tidak ada salahnya membawa masker cadangan untuk antisipasi kejadian tidak terduga, ya!

2. Wajib memakai face shield untuk perjalanan jarak jauh

Bagi penumpang jarak jauh yang sudah membeli tiket kereta api secara online, sebaiknya membeli perlengkapan bepergian jarak jauh seperti face shield. Pihak KAI menerapkan aturan memakai face shield sebelum naik kereta api ke luar kota.

3. Melakukan pengukuran suhu tubuh

Calon penumpang wajib mematuhi aturan untuk melakukan pengukuran suhu tubuh sebelum naik kereta api hingga pengecekan setiap tiga jam sekali. Petugas akan melakukan pengukuran suhu tubuh penumpang selama perjalanan agar bisa memastikan kesehatan seluruh penumpang tetap aman.

Suhu normal 36-37 derajat celcius, sedangkan penumpang yang melebihi suhu 37,7 derajat celcius akan langsung dipindahkan ke ruang isolasi yang disediakan pihak KAI. Kalau memang butuh penanganan darurat untuk penumpang yang alami masalah kesehatan, maka petugas akan memeriksakan penumpang ke pos kesehatan di stasiun terdekat.

4. Larangan balita dan lansia naik kereta api

Sebelum Anda membeli tiket KA, sebaiknya ketahui regulasi yang berlaku terkait penumpang yang diperbolehkan untuk bepergian ke luar kota. Anak-anak dan lansia dilarang bepergian kecuali dalam kondisi yang mendesak saja. Ada aturan lansia yang berumur lebih dari 60 tahun, bisa menggunakan kereta api pada jam tertentu saja sekitar 10 sampai 2 siang saja.

Lonjakan penumpang bisa saja terjadi pada waktu padat sehingga memberikan risiko tertular covid lebih tinggi. Mengingat anak-anak dan lansia lebih rentan alami penularan virus corona lebih cepat karena daya tahan tubuh yang berkurang.

5. Penumpang tidak boleh mengobrol atau berbicara

Aturan penting terkait menjaga jarak wajib dilakukan guna mencegah penularan virus corona lewat droplet. Untuk menghindari penularan lewat air liur saat berbicara atau bersin, maka penumpang dilarang mengobrol atau berbicara dengan penumpang lain.

6. Melengkapi persyaratan yang dibutuhkan

Anda harus memperhatikan persyaratan yang dibutuhkan untuk bepergian menggunakan kereta api. Calon penumpang harus melengkapi dokumen berupa surat keterangan bebas dari COVID-19 dan SIKM untuk keluar pergi masuk kota Jakarta. Jika tidak membawa dokumen yang dibutuhkan, kemungkinan rencana bepergian Anda bakal batal semakin besar. Pasalnya, Anda bisa saja ditolak untuk naik kereta api.

Beberapa aturan penting terkait naik kereta api di atas wajib Anda penuhi agar bisa menikmati perjalanan dengan aman dan tenang. Jika memang ada persyaratan yang dianggap tidak terpenuhi, tiket kereta api Anda akan dikembalikan secara penuh oleh pihak KAI. Ada baiknya Anda menanyakan informasi detail pada kontak layanan KAI agar bisa bepergian tanpa kendala. Selalu patuhi protokol kesehatan yang berlaku untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain di sekitar Anda, ya!

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close