7 Jenis Makanan Sehat yang Bisa Mencegah Kanker Paru-Paru

  • Whatsapp
7-jenis-makanan-sehat-yang-bisa-mencegah-kanker-paru-paru
Foto: Canva.com pro

Merokok merupakan penyebab utama terkena kanker paru-paru akibat timbunan nikotin dan zat kimia pada asap rokok bisa mempengaruhi kinerja tubuh Anda. Tak hanya perokok aktif, orang yang menghisap asap rokok atau polusi udara setiap hari memiliki risiko terkena kanker yang tak kalah tinggi. Sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini agar tidak mengalami risiko tersebut. Pilih asupan nutrisi yang sehat demi menjaga kesehatan lebih baik dan bebas risiko kanker.

Makanan pencegah kanker

Kalau Anda masuk dalam kategori kelompok rentan terkena kanker paru, sebaiknya mulai terapkan pola makan sehat. Berikut 7 jenis makanan sehat yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker abnormal dalam organ paru-paru yaitu :

Read More

1. Buah pir

Senyawa phloretin memiliki sifat anti tumor dan menginduksi kematian sel terprogram pada kanker paru. Selain itu, kandungan phloretin efektif meminimalisir efek kemoterapi yang dilakukan pasien kanker paru. Kalau ingin mencegah atau mempercepat proses penyembuhan kanker paru, sebaiknya Anda rajin mengkonsumsi buah kaya air ini.

2. Buah berry

Kelompok buah berry terbukti memiliki senyawa anthocyanin sehingga menekan sifat anti tumor, mematikan sel kanker dan menciptakan pembuluh baru dalam tubuh. Anda bisa mulai memasukkan menu buah kelompok beri seperti raspberry, blackberry, cranberry, dan lain-lain.

3. Wortel

Wortel merupakan jenis sayuran yang kaya vitamin A dan sumber phytochemical sehingga bisa mencegah proses pertumbuhan pembuluh darah baru di sel kanker paru.

4. Selada air

Jangan lupa memasukkan sayuran selada air sebagai menu sehat setiap hari, ya! Pasalnya, selada air mengandung isothiocyanate yang berfungsi menghambat pertumbuhan tumor. Proses pembelahan sel tumor yang berkembang semakin ganas bisa diganggu agar tidak menyebar ke organ vital lain.

5. Jahe

Anda suka mengkonsumsi rempah yang memiliki efek panas ini? Anda wajib tahu bahwa jahe merupakan bahan yang bisa mencegah pertumbuhan kanker paru-paru lebih parah. Kandungan senyawa 6-shogaol bisa menghambat pertumbuhan sel tumor serta mengatasi efek kemoterapi untuk Anda yang telah masuk tahap pengobatan kanker paru.

6. Kunyit

Tak hanya jahe saja, jenis rempah yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan sel tumor adalah kunyit. Anda bisa mengkonsumsi kunyit sebagai tambahan bumbu masak, direbus sebagai jamu, dan lain-lain. Kandungan antioksidan pada kunyit sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan kanker.

7. Teh hijau

Teh hijau sangat cocok menjadi menu minuman sehat yang bisa merelaksasi pikiran. Konsumsi teh hijau yang kaya antioksidan bisa menekan risiko terkena kanker paru sejak dini.

Dari beberapa jenis makanan di atas, apakah Anda sudah rutin mengkonsumsinya? Yuk, jaga kesehatan diri sendiri dengan tidak merokok atau melakukan aktivitas yang menyebabkan risiko kanker paru! Balita dan anak rentan mengalami gangguan pernapasan saat Anda merokok di dalam rumah, lho! Baik perokok aktif atau pasif memiliki risiko terkena penyakit kanker paru-paru yang berbahaya.

Sumber

https://www.halodoc.com/artikel/8-makanan-sehat-yang-bisa-mencegah-kanker-paru

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *