Gaya Hidup

Work From Home, Menguntungkan atau Justru Merugikan?

Situasi yang ada saat ini membuat banyak hal di kehidupan masyarakat mengalami perubahan. Misalnya adalah proses pembelajaran maupun sistem kerja seseorang. Tak sedikit perusahaan yang mengubah sistem kerja menjadi kerja jarak jauh tanpa perlu datang langsung ke tempat kerja. Namun bagaimana dampak dari sistem kerja work from home bagi sebuah perusahaan maupun karyawan yang ada di dalamnya, menguntungkan atau merugikan?

Dampak Positif dari Bekerja dari Rumah

Bekerja dari rumah adalah salah satu sistem kerja berupa remote working. Para pekerja yang ada tidak perlu datang ke lokasi perusahaan untuk melakukan tugas yang dimiliki. Dampak positif dari sistem ini adalah dapat menghemat tenaga dan waktu yang dimiliki. Tak hanya itu, bagi yang telah berkeluarga tentu sistem kerja ini dapat meningkatkan kebersamaan bersama anggota keluarga lain yang ada di rumah.

Dampak Negatif saat Bekerja dari Rumah

Tak hanya memiliki dampak positif saja, bekerja dari rumah juga memiliki sisi negatif di dalamnya. Misalnya tak sedikit pihak yang menyatakan bahwa sistem kerja remote dinilai menghambat produktivitas para pekerja yang ada. Pada tahun 2017 pun, pihak PBB melakukan survei terkait hal tersebut dengan hasil yang cukup mencengangkan. Sejumlah 41 % pekerja yang bekerja di rumah justru merasa tertekan dengan sistem tersebut.

Jenis Pekerjaan yang Sesuai untuk Dikerjakan dari Rumah

Kedua dampak yang berbeda dari work from home tentu akan membuat Anda lebih bijak dalam memilih sistem pekerjaan tersebut. Namun tak dapat dipungkiri bahwa terdapat beragam jenis pekerjaan yang dapat dilakukan secara optimal meskipun dikerjakan dari rumah. Misalnya adalah digital marketing, desain grafis, copy editor, hingga fotografer. Untuk hasil yang lebih baik, pihak perusahaan juga harus membuat peraturan yang jelas akan hal itu.

Bekerja dari rumah merupakan salah satu hal yang banyak dibicarakan dan dilakukan saat ini. Selain untuk menjaga kesehatan dari masyarakat yang ada, ternyata sistem kerja ini juga memiliki beragam dampak di baliknya. Namun dengan peraturan perusahaan yang bersangkutan mengenai hal tersebut, diharapkan mampu memberikan dampak yang positif bagi perusahaan itu sendiri.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close